TA DIGITAL
Analisis pengaruh kualitas layanan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT bank syariah Mandiri kantor cabang pembantu Ungaran Semarang
Persaingan industri perbankan pada tahun 2010 semakin ketat. Untuk itu, bank dituntut untuk tetap memberikan layanan yang baik agar nasabahnya tetap loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas layanan terhadap loyalitas pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Ungaran Semarang.
Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dengan teknik analisis menggunakan uji F, uji t, yang didukung dengan R2 namun terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik terhadap data penelitian. Dalam penelitian ini data diperoleh dari data primer yang berupa kuesioner sebanyak 50 sampel dengan menggunakan teknik sampling kebetulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan mempunyai pengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah sebesar 19.6%, pengaruh langsung terhadap kepuasan sebesar 61.3%. Sedangkan kepuasan berpengaruh langsung terhadap loyalitas nasabah sebesar 36.6% sehingga dari hasil analisis jalur diperoleh kualitas layanan berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas nasabah sebesar 42%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kepuasan pada nasabah PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran Semarang merupakan variabel intervening. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan loyalitas nasabah pihak manajemen PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran Semarang harus mempertahankan kualitas layanan yang diberikan dengan baik agar nasabah tetap merasa puas.
No other version available