TA DIGITAL
Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah bank syariah pada PT bank Tabungan Negara (persero) Tbk kantor cabang syariah Semarang
Era globalisasi dan perdagangan bebas telah menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat di dunia bisnis. Ketatnya persaingan bisnis tersebut menuntut pelaku bisnis untuk selalu meningkatkan daya saing agar mampu mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Ketatnya persaingan tidak hanya terjadi pada perusahaan yang menghasilkan barang, tetapi juga terjadi pada perusahaan yang menghasilkan jasa seperti bank.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.Untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah bank syariah secara simultan dan parsial pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang.
2.Untuk mengetahui dimensi kualitas layanan yang paling dominan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah bank syariah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang mengkaji pengaruh dimensi-dimensi kualitas layanan antara lain: variabel keefektifan dan jaminan (X1), akses (X2), harga (X3), keberwujudan (X4), portofolio jasa (X5), kehandalan (X6), dan kepatuhan (X7), terhadap kepuasan nasabah bank syariah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah pada sebanyak 60 responden. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik probalility sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan:
1.Kualitas layanan terdiri dari keefektifan dan jaminan, akses, harga, keberwujudan, portofolio jasa, kehandalan, dan kepatuhan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang.
2.Kualitas layanan yang terdiri dari dimensi keefektifan dan jaminan, harga, keberwujudan secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang.
3.Dimensi kehandalan mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Cabang Syariah Semarang.
No other version available