TA DIGITAL
Analisis Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada BMT Walisongo Semarang
Lebih dari satu dasawarsa terakhir ini lembaga keuangan di Indonesia bertambah sistemnya dengan menggunakan sistem syariah yaitu dengan adanya perbankan syariah. Perkembangan pesat yang dialami oleh perbankan syariah adalah merupakan bentuk respon positif bagi perekonomian Islam ditengah masyarakat. Secara kelembagaan, perbankan syariah di Indonesia dapat dipetakan menjadi bank umum syariah, bank pembiayaan rakyat syariah, dan baitul maal wat tamwil (BMT). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Walisongo Semarang.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode observasi yang mengkaji pengaruh dimensi-dimensi kualitas pelayanan antara lain: kepatuhan (X1), jaminan (X2), kehandalan (X3), keberwujudan (X4), kepekaan (X5), dan daya tanggap (X6), terhadap kepuasan nasabah pada BMT Walisongo Semarang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah nasabah/ anggota BMT sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel yang digunakan acak (random) yaitu nasabah yang datang ke BMT. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan dimensi kualitas pelayanan yang meliputi kepatuhan, jaminan, kehandalan, keberwujudan, kepekaan, dan daya tanggap secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Walisongo Semarang. Kualitas pelayanan dengan dimensi kepatuhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Walisongo Semarang. Dimensi keberwujudan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Walisongo Semarang. Kualitas pelayanan dengan dimensi kepekaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Walisongo Semarang.
No other version available