TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Kembali Nasabah di bank Syariah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menabung kembali nasabah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang bersumber dari kuesioner yang diberikan kepada nasabah tabungan PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgmental sampling, dimana responden yang dipilih adalah berdasarkan pertimbangan peneliti.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS 16.0. Dari pengolahan data diperoleh hasil yaitu secara simultan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung kembali nasabah,
tabel
dapat dilihat pada nilai F hitung sebesar 4,493 (F hitung > F sebesar 3,09) dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05), sedangkan secara parsial variabel compliance dan assurance yang memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap minat menabung kembali nasabah.
Hasil analisis ini memberikan indikasi bahwa upaya untuk meningkatkan minat menabung kembali nasabah di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Semarang dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, terutama pada aspek responsiveness, tangible, emphaty dan reliability.
No other version available