TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualiatas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BPRS Artha Surya Barokah Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis sejauhmana kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT. BPRS Artha Surya Barokah Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmana kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Artha Surya Barokah Semarang. Kualitas pelayanan yang terdiri dari enam dimensi yakni dimensi Kepatuhan (Compliance), Jaminan (Assurance), Keandalan (Realibility), Bukti Langsung (Tangibles), Empati (Empathy) dan Daya Tanggap (Responsiveness) mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan nasabah.
Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda, untuk menguji pengaruh simultan digunakan uji F dan untuk menguji pengaruh parsial digunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis ini sebanyak 95 nasabah yang diambil hanya dari produk jasa tabungan yang diberikan oleh PT. BPRS Artha Surya Barokah Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling, dimana responden yang dipilih adalah nasabah yang kebetulan dijumpai saja.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi kepatuhan, jaminan, keandalan, bukti langsung, empati dan daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan secara parsial, menunjukkan bahwa dimensi jaminan, keandalan dan empati tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah..
No other version available