TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BTN iB (Wadi'ah) ( Studi Kasus pada PT BTN (Persero) tbk. Kantor cabang syariah solo)
BTN Syariah Cabang Solo sebagai salah satu dari beberapa lembaga keuangan syariah yang ada di Indonesia senantiasa perlu meningkatkan kualitas pelayanannya demi menjaga kepuasan nasabahanya. Hal ini penting agar loyalitas nasabah yang telah ada, dan kesuksesan yang selama ini diraih dapat tetap dipertahankan dan ke depannya berusaha untuk selalu ditingkatkan dan ditingkatkan agar dari waktu ke waktu apabila kualitas pelayanan baik, maka akan berpengaruh terhadap kepuasan nasabahnya dan akan terus berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Tabungan BTN iB pada BTN Syariah Cabang Solo dan faktor layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Tabungan BTN iB BTN Syariah Cabang solo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yang mengkaji pengaruh dimensi-dimensi kualitas layanan antara lain : Compliance X1 (Kepatuhan), Assurance X2 (Jaminan), Reliability X3 (Keandalan), Tangibles X4 (Bukti Nyata), Empathy X5 (Empati), dan Responsiveness X6 (Ketanggapan) terhadap kepuasan nasabah Tabungan BTN iB (Y) pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo sebanyak 50 responden. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik non probability yang bersifat accidental sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan:
1. Kualitas layanan yang terdiri dari dimensi Compliance (Kepatuhan), Assurance (Jaminan), Reliability (Keandalan), Tangibles (Bukti Nyata), Empathy (Empati), dan Responsiveness (Ketanggapan) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasa nasabah Tabungan BTN iB pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo.
2. Kualitas layanan yang terdiri dari dimensi Compliance (Kepatuhan), Assurance (Jaminan), Reliability (Keandalan), Tangibles (Bukti Nyata), Empathy (Empati), dan Responsiveness (Ketanggapan) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasa nasabah Tabungan BTN iB pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo.
3. Dimensi Compliance (Kepatuhan) mempunyai pengaruh paling dominant terhadap kepuasan nasabah Tabungan BTN iB pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo.
No other version available