TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Bagian Front Office Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Jateng Capem Ungaran Kota
Penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Bagian Front Office Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Jateng Capem Ungaran Kota” bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan mengetahui faktor yang paling berpengaruh dari dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah berdasarkan Tangible (bentuk fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati, perhatian) pada Bank Jateng Capem Ungaran Kota.
Desain dari penelitian ini adalah penelitian terapan menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan studi pustaka. Kemudian metode pengolahan datanya adalah editing, coding dan entry data. Sedangkan metode analisis datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan pengukuran pengaruh kepuasan. Sampel yang diambil adalah 40 nasabah Tabungan PT. Bank Jateng Capem Ungaran Kota dengan menggunakan teknik Incidental Sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel-variabel kualitas layanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Jateng Cabang Ungaran Kota. Besarnya koefisiensi determinasi (Adjusted sebesar 72,2% dan sisanya 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kelima dimensi kualitas layanan diatas yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah adalah dimensi daya tanggap (responsiveness) dan dimensi kepekaan (emphaty). Pada bagian Coefficient Correlations partial dapat diketahui dimensi kualitas layanan yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar 0,460.
No other version available