TA DIGITAL
Analisis karateristik Segmen Mayarakat Klaten Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Klaten
Dalam penelitian ini mengambil sampel 100 responden dengan metode Slovin dan purposive sampling. Analisis yang dipergunakan adalah analisis klaster. Dasar segmentasi masyarakat Klaten adalah demografi, psikografis dan perilaku. Dalam merumuskan strategi pemasaran yang didasarkan oleh segmen yang terbentuk, terlebih dahulu penulis melakukan analisis internal perusahaan. Perumusan strategi dilakukan dengan menggunakan strategi marketing mix. Hasil dari analisis klaster menghasilkan tiga segmen. Berdasarkan pernyataan pada segmen 1 menyebutkan bahwa masyarakat pada profil 1 merupakan masyarakat yang modern dan mementingkan pelayanan. Rumusan strategi pemasaran untuk segmen satu adalah dengan menawarkan produk-produk yang memberi fasilitas teknologi tinggi dan memberikan pelayanan yang baik. Profil segmen 2 menyebutkan bahwa masyarakat pada segmen dua merupakan masyarakat yang rasional. Rumusan strategi pemasaran untuk segmen dua yaitu dengan penawaran produk yang mempunyai program-program hadiah. Masyarakat pada segmen 3 adalah masyarakat yang tertarik menjadi nasabah sebuah bank karena mencoba hal baru. rumusan strategi pemasaran untuk segmen tiga adalah dengan menawarkan produk talangan haji dan pembiayaan bagi PNS dengan harga yang bersaing.
No other version available