TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Pemanfaatan Financial Technology PayLater Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna Shopee Di Kota Semarang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan di era digital, tak terkecuali pad sektor bisnis dan keuangan. Salah satunya adalah penerapan teknologi informasi di bidang keuangan yang umumnya disebut sebagai financial technology (fintech). Fintech dalam pengertian sederhana merupakan perpaduan antara jasa keuangan dengan pemanfaatan teknologi, yang merubah model bisnis konvensional modern, dalam hal ini proses bisnis dilakukan oleh para pelaku usaha. Paylater merupakan salah satu metode pembayaran kredit secara online yang dikembangkan oleh perusahaan fintech. Pemanfaatan financial technology paylater diperkirakan dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku impulse buying. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yang menggunakan hasil penyebaran kuesioner sebagai data. Pada penelitian ini membersamai 80 responden yang merupakan masyarakat Kota Semarang. Pengujian secara emipris menghasilkan persamaan Y = -4,362+0,830X serta dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan financial technology paylater berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku impulsive buying. Oleh karena itu, pada penelitian ini terbukti bahwa pemanfaatan financial technology paylater menyebabkan pengguna Shopee cenderung melakukan impulsive buying saat berbelanja di marketplace Shopee.
No other version available