TA DIGITAL
Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia
Dua tahun terakhir, pertumbuhan pendapatan Pos Indonesia rendah dibanding perusahaan pengiriman lain. Mayoritas keluhan konsumen diakibatkan keterlambatan barang dan barang gagal terkirim. Dibanding perusahaan pengiriman lain, harga pengiriman Pos Indonesia lebih murah dengan estimasi waktu pengiriman yang sama. Persepsi harga dan ketepatan waktu pengiriman menjadi penentu keputusan pembelian jasa pengiriman Pos Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh ketepatan waktu pengiriman dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian jasa pengiriman Pos Indonesia. Jumlah responden 100 pengguna jasa pengiriman Pos Indonesia Cabang Utama Semarang minimal satu kali dalam satu bulan terakhir. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Koefisisen Determinasi dan Korelasi, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji F, serta Uji T. Data dikumpulkan menggunakan wawancara dan kuesioner. Penelitian ini membuktikan bahwa ketepatan waktu pengiriman dan persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pos Indonesia sebaiknya mengutamakan ketepatan waktu pengiriman, menawarkan harga yang terjangkau dibarengi dengan kualitas layanan agar dapat bersaing dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya. Selain itu, Pos Indonesia harus bekerjasama dengan sejumlah marketplace untuk menyediakan layanan kurir setelah mebeli produk secara online
No other version available