TA DIGITAL
Pengaruh E-Commerce Shopee dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa : Studi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh E-Commerce Shopee dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa aktif Politeknik Negeri Semarang pada semester genap Tahun 2021/2022 sebanyak 6038 orang dengan 100 orang dipilih sebagai sampel dari seluruh mahasiswa dengan menggunakan Purposive sampling. Metode analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji F, uji t, koefisien determinasi, analisis deskriptif responden dan analisis regresi berganda. Analisis regresi berganda menggunakan aplikasi atau software IBM SPSS Statistic 25, diperoleh persamaan regresi Y = 11,882 + 0,231X1 + 0,939X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce dan Pengetahuan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Berdasarkan uji koefisien determinasi menghasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,639 yang berarti E-Commerce dan Pengetahuan Kewirausahaan mempengaruhi Minat Berwirausaha sebesar 63,9% dan sisanya 36,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available