TA DIGITAL
Prosedur Penanganan Surat Melalui Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik Di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah
Penelitian ini bertujuan untuk mendiSKRIPSI DIGITALkan prosedur penanganan surat melalui aplikasi tata naskah dinas elektronik (TNDE) di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa prosedur penanganan surat tata naskah dinas elektronik memiliki beberapa tahapan. Proses diawali dengan surat masuk yaitu dengan login akun TNDE, selanjutnya melihat notifikasi surat masuk, membuka surat masuk, jika butuh didisposisikan maka didisposisikan, kemudian surat disimpan, jika ingin mencari surat hanya mengetik keyword pada pencarian. Surat keluar proses diawali dengan login, membuat konsep surat, menyisipkan lampiran dan data penunjang jika ada, kemudian mengisi penandatangan surat, memberikan nomor surat, menandatangani surat, terakhir, surat tersebut terkirim. Hambatan yang ada pada prosedur penanganan surat tata naskah dinas elektronik adalah sinyal internet tidak stabil, fitur pengetikan naskah yang tidak selengkap dan semudah microsoft word, lupa password, gagal tanda tangan elektronik, gagal login karena server Badan Kepegawaian Daerah error atau sedang dalam perbaikan, sumber daya manusia yang masih belum paham penggunaan TNDE, untuk mengatasi hambatan adalah dengan melakukan penguatan sinyal di beberapa lantai Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, berusaha agar sistem editorial pada TNDE paling tidak mirip dengan microsoft word, password akan dibantu reset oleh Tim Teknologi Informasi, berkomunikasi dengan bagian persandian diskominfo, berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah, dan penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE).
No other version available