TA DIGITAL
Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM Olahan Makanan di Warung Serasi Tuntang Kabupaten Semarang
Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM Olahan Makanan di Warung Serasi Tuntang Kabupaten Semarang UMKM Warung Serasi Tuntang Kabupaten Semarang meningkatkan biaya promosi pada tingkat penjualan agar mendapat hasil penjualan yang meningkat. Adanya produk makanan ringan yang terdapat dalam biaya promosi yaitu Usus Krispy, Jamur Krispy, Kripik Pisang dan Debog Krispy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel biaya promosi terhadap tingkat penjualan UMKM Warung Serasi Tuntang Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah time series data yang di dapat dari Diskumperindag Kabupaten Semarang. Metode analisis data meliputi analisis regresi linier sederhana, uji t, koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa Y= 740938,030 + 12642,955X (Sistem Online), Y=2841087,194 + 17494,844X (Sistem Offline), biaya promosi (X) berperngaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa biaya promosi(X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan(Y). Koefisien determinasi (R2) menunjukkan hasil 0,520 (Sistem Online) 0,479 (Sistem Offline) dan ini berarti bahwa biaya promosi (sistem online) memberikan pengaruh besar tingkat penjualan sebesar 52% sedangkan sisanya 48%, (Sistem Offline) sebesar 47,9% sedangkan sisanya sebesar 52,1% adalah faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
No other version available