TA DIGITAL
Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Kompetensi Peserta Pelatihan Fungsional pada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran elektronik (E- Learning) terhadap kompetensi peserta pelatihan fungsional pada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan kuesioner yang dibagikan kepada 70 responden dengan teknik sampel jenuh. Variabel bebas dari penelitian ini adalah e-Learning dan variabel terikat dari penelitian ini adalah kompetensi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS versi 23, hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Y = 2,622 + 0,462X dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang dapat diartikan bahwa e-Learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi. Berdasarkan uji t untuk e-Learning Ho ditolak dan Ha diterima karena variabel e-Learning memiliki nilai thitung (6,154) > ttabel (1,995). Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya Adjusted R Square adalah 0,348 yang berarti kontibusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 34,8% sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available