TA DIGITAL
Analisis Perhitungan Biaya Persediaan Bahan Baku Merchandise Dengan Economic Order Quantity (EOQ) pada CV. Brandtalk Advertising di Semarang Tahun 2021
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan bahan baku merchandise yang ekonomis dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ), titik pemesanan kembali, dan total penghematan biaya persediaan pada CV. Brandtalk Advertising tahun 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumenter dan studi pustaka. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data sekunder meliputi gambaran umum perusahaan, data pembelian, data pemakaian, biaya pembelian, biaya pemesanan dan biaya penyimpanan bahan baku. Metode penulisan yang digunakan adalah deSKRIPSI DIGITAL dan eksposisi. Metode deSKRIPSI DIGITAL untuk menguraikan gambaran umum CV. Brandtalk Advertising, sedangkan metode eksposisi mengenai analisis pengelolaan persediaan bahan baku merchandise pada CV. Brandtalk Advertising. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pemesanan bahan baku yang ekonomis untuk bahan baku Mug Standar sebesar 949,947340 unit, bahan baku Payung Standar sebesar 775,269968 unit, bahan baku Tumbler Suhu sebesar 582,651782 unit, dan bahan baku Tumbler TC 208 sebesar 823,144305 unit. Titik pemesanan kembali (ROP) Mug Standar sebesar 119,48 unit, Payung standar sebesar 59,69 unit, Tumbler Suhu sebesar 21,72 unit, dan Tumbler TC 208 sebesar 60,39 unit. Total penghematan biaya persediaan Mug Standar sebesar Rp. 2.850.483,19, Payung Standar sebesar Rp. 3.437.816,91, Tumbler Suhu sebesar Rp. 2.594.632,28, Tumbler TC 208 Rp. 3.821.521,26.
No other version available