TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Implementasi Samsat Keliling terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pada Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Wonosobo
Tahun 2021 penerimaan PKB yang diterima oleh Samsat Keliling Wonosobo belum cukup memberikan peningkatan secara signifikan. Penerimaan PKB tahun 2021 yaitu Rp 8.512.242.000 masih kurang memenuhi target yaitu Rp 1.035.053.520 dari total target Rp 9.547.295.520. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan WP kendaraan bermotor pada Samsat Keliling Wonosobo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Sampel yang digunakan adalah wajib pajak yang membayar pajaknya melalui Samsat Keliling Kabupaten Wonosobo, yaitu sejumlah 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis dekriptif kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari pengujian hipotesis akses pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wajib pajak dengan nilai t-hitung akses pajak sebesar 3,797 dan kualitas pelayanan sebesar 10,939 yang keduanya lebih besar dari t-tabel 1,985. Sedangkan fasilitas tidak berpengaruh secara parsial. Serta akses pajak, fasilitas, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dibuktikan dengan nilai F- hitung sebesar 337,262 > F-tabel 2,70. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin dipermudah akses pajak dengan fasilitas yang memadai disertai kualitas pelayanan yang baik, akan membuat kepuasan WP dalam membayar PKB pada Samsat Keliling Wonosobo meningkat.
No other version available