SKRIPSI DIGITAL
Strategi Pengembangan Usaha Jasa Boga di Kecamatan Tembalang Kota Semarang dengan Metode SWOT dan QSPM
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha pada usaha jasa boga di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis data menggunakan matriks IFE, EFE, CPM, IE, SWOT, dan QSPM. Total skor tertimbang matriks IFE sebesar 2,875 dan matriks EFE sebesar 2,978. Berdasarkan CPM, usaha jasa boga yang paling unggul yaitu usaha Artanti Snack and Catering dengan total skor tertimbang sebesar 2,960. Hasil analisis matriks IE menunjukkan bahwa posisi usaha jasa boga berada pada kuadran V (pertahankan dan pelihara) dengan strategi yang dihasilkan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk yang kemudian diolah dengan matriks SWOT dan menghasilkan delapan (8) alternatif strategi. Strategi yang paling cocok berdasarkan QSPM adalah mempertahankan kualitas produk dengan nilai TAS sebesar 6,504.
No other version available