SKRIPSI DIGITAL
Perumusan Strategi Bisnis Pada Tabungan Emas PT. Pegadaian Cabang Poncol Semarang Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM
Analisis SWOT merupakan alat analisis yang dapat membantu perusahaan dalam menentukanstrategi yang cocok untuk menghadapi persaingan yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis pada Tabungan Emas PT. Pegadaian Cabang Poncol Semarang. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil skor tertimbang Matriks IFE sebesar 3.36 dan Matriks EFE sebesar 3.25, Matriks IE menempatkan produk Tabungan Emas PT. Pegadaian Cabang Poncol Semarang pada kuadran I yaitu Grow and Build. Hasil analisis Matriks SWOT menghasilkan 8 strategi alternatif. Strategi alternatif yang cocok berdasarkan Matriks QSPM adalah memperluas wilayah pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, Twitter untuk meningkatkan minat konsumen dalam menabung emas dengan nilai TAS sebesar 7.03.
No other version available