SKRIPSI DIGITAL
Perumusan Strategi Bisnis Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM : Studi Kasus Pada UMKM Premium Plus Laundry
Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan bagi UMKM Premium Plus Laundry. UMKM yang menjadi objek penelitian adalah UMKM Premium Plus Laundry yang memproduksipakaian, seprei, celana, dan kebutuhan sandang lainya. Analisis data menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM. Hasil skor yang diperoleh melalui matriks IFE adalah 2,94 dan matriks EFE 3,35. Hasil analisis matriks IE posisi UMKM berada pada kuadran II. Alternatif strategi yang didapatkan berdasarkan analisis SWOT yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas cucian untuk meningkatkan daya tarik konsumen., mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan tetap untuk kontinyuitas pemasaran, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran, meningkatkan promosi yang lebih luas agar jasa laundry lebih dikenal masyarakat, meningkatkan bahan dan alat untuk mendapatkan kualitas yang baik, mempertahankan kualitas yang ada dalam persaingan pasar, memberikan promo-promo yang menarik untuk meningkatkan daya tarik pelanggan. Saran yang direkomendasikan berdasarkan matriks QSPM yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas cucian untuk meningkatkan daya tarik konsumen dengan nilai TAS sebesar 7,46.
No other version available