SKRIPSI DIGITAL
Perumusan Strategi Bisnis Menggunakan Metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) : Studi kasus Surya Boutique Hotel Semarang
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan merumuskan strtategi bisnis pada Surya Boutique Hotel Semarang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan IFE, EFE, CPM, SWOT, dan QSPM yang menunjukkan hasil skor tertimbang IFE sebesar 2,644, skor tertimbang EFE sebesar 3,258, dan skor CPM sebesar 3,023 yang berarti perusahaan berada pada posisi yang cukup kuat dalam mengendalikan kekuatan dan kelemahan untuk menghadapi peluang dan ancaman. Berdasarkan analisis SWOT dihasilkan strategi integrasi, intensif, dan diversifikasi yang dikembangkan menjadi 8 strategi alternatif untuk perusahaan. Strategi yang paling cocok berdasarkan QSPM adalah mengatur ulang jumlah ketersediaan kamar berdasarkan minat pelanggan dengan nilai TAS sebesar 6,968. Strategi ini sejalan dengan kondisi hotel pada saat ini yang mengalami keterbatasan jumlah kamar pada tipe yang paling diminati konsumen.
No other version available