SKRIPSI DIGITAL
Implementasi Omnichannel Dengan Membangun E-store Pada Zie Batik Semarang
Penerapan strategi omnichannel yang efektif mampu meningkatkan pengalaman konsumen dan mampu meningkatkan penjualan pada perusahaan. Pentingnya UMKM untuk terus berkembang di lingkungan pasar digital yang terus berubah melalui implementasi omnichannel dengan e-store berbasis website agar melepaskan ketergantungan brand atau perusahaan pada marketplace. Zie Batik merupakan salah satu UMKM di Kota Semarang yang memproduksi batik dengan pewarna alam yang ramah lingkungan, pemanfaatan limbah dan pembudidayaan tanaman langka. Dalam pemasaran produknya, Zie Batik menggunakan sistem jual titip dan pameran produk. Pada saat ini pasar sasaran antar kota dan provinsi masih terbatas, berbeda dengan kompetitor lain yang telah menggunakan media penjualan berbasis online yang dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun media penjualan berbasis online atau e-storemenggunakan Content Management System Wordpress sehingga dapat memperluas pasar sasaran yang sebelumnya tidak dapat dijangkau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle yaitu Waterfall yang didalamnya terdapat beberapa tahapan yaitu requirement analisis, system design, implementation, integrating dan testing, operation dan maintenance. Hal yang ditekankan pada penelitian ini adalah pengintegrasian antara toko online (e-store)dan toko offline pada bagian metode pengiriman produk. Selain itu yang ada didalam e-store diantaranya peta lokasi usaha, multiple shipping, payment dan galeri produk yang dapat menunjang penjualan melalui media online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-store atau toko online dan toko offline dapat terintegrasi satu sama lain. Selain itu, e-store transaksai pembelian dapat dilaksanakan kapan saja dan dimana saja.
No other version available