SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pedagang Pasar Tradisional : Studi Kasus pada Pedagang Pasar Satrio Wibowo Semarang
Kepuasan konsumen merupakan ukuran keberhasilan dalam usaha pelayanan jasa. Pelanggan akan merasa puas ketika kebutuhan mereka dapat terpenuhi sebagaimana yang diharapkan. Pasar merupakan tempat fisik penjual dan pembeli melakukan transaksi, dimana kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi adalah faktor utama untuk dijaga demi keberlangsungan kegiatan perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan pedagang pasar tradisional pada Pasar Satrio Wibowo. Populasi pada penelitian ini adalah pedagang pada pasar Satrio Wibowo Semarang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode pengambilan sampel menggunakan sensus/sampling total yang berjumlah 79 responden. Data dianalisa menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan pedagang pasar tradisional, namun fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pedagang pasar tradisional. Secara bersama-sama kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan besarnya Adjusted R Square sebesar 75%, yang berarti bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi memberikan kontribusi terhadap kepuasan pedagang pasar tradisional sebesar 75%, sisanya sebesar 25% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
No other version available