SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management (CRM) melalui Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan customer relationship management melalui citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) di Kota Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel akhir 100 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan wawancara. Metode analisis yaitu path analysis dengan 2 model struktural. Hasil uji hipotesis menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan Alfamart di Kota Semarang. Terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas pelayanan, customer relationship management, dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan pada analisis regresi linear berganda ditemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, customer relationship management juga berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui citra perusahaan. Customer relationship management juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui citra perusahaan.
No other version available