SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung pada Wisata Eling Bening Kabupaten Semarang
Pada Wisata Eling Bening Kabupaten Semarang masih terjadi kenaikan dan penurunan pengunjung yang belum stabil. Hal ini masih ditandai dengan adanya beberapa keluhan yang disampaikan oleh pengunjung wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga terhadap kepuasan pengunjung Wisata Eling Bening Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih sebagai sampel dari seluruh pengunjung Wisata Eling Bening, dengan menggunakan sampling purposive. Metode analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan Adjusted R2. Hasil penelitian menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Eling Bening Kabupaten Semarang. Namun secara parsial, kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung, sedangkan fasilitas dan harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengunjung. Hasil uji Adjusted R2 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung sebesar 66,1%. Sedangkan sisanya 33,9% kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available