SKRIPSI DIGITAL
Dampak Branding Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian pada Industri Kreatif Batik (Studi Kasus pada Sentra UMKM Batik Kabupaten Pati)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Branding Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian pada Industri Kreatif Batik (Studi Kasus Pada Sentra UMKM Batik Kabupaten Pati). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan convenience sampling atau yang sering disebut accidental sampling. Purposive sampling metodologi pengambilan sampel secara acak dimana kelompok sampel ditargetkan memiliki atribut-atribut tertentu. Convenience Sampling adalah cara memilih siapa saja yang secara kebetulan dijumpai oleh peneliti yang dipandang cocok sebagai sumber data dengan menyebarkan kuesioner pada konsumen UMKM batik di Kabupaten Pati sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik uji, dengan alat uji statistik SPSS 26. Hasil yang ditemukan bahwa secara parsial branding produk berpengaruh secara tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan secara parsial strategi pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara bersama sama branding produk, kualitas produk dan strategi pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya koefisien determinasi sebesar 0,407 hal ini berarti 40,7% dari keputusan pembelian yang dapat dijelaskan oleh branding produk, kualitas produk dan strategi pemasaran, sedangkan sisanya sebesar 59,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran dari hasil penelitian ini adalah tetap mempertahankan branding produk yang baik, mengoptimalkan kualitas produk dan strategi pemasarannya untuk meningkatkan keputusan pembelian.
No other version available