TA DIGITAL
Sistem Infofmasi
Proses pemasaran yang dilakukan PT. Pradinata Global Masa Group masih melalui penyebaran brosur, selain itu untuk pencatatan Booking, pendataan konsumen, penanganan komplaint, serta komunikasi internal seperti meeting dan memo masih dilakukan secara manual. Dengan kondisi tersebut peneliti ingin memaksimalkan potensi teknologi informasi demi mempermudah dan meningkatkan kinerja pada PT. Pradinata Global Masa Group dengan membuat sebuah sistem yang terintegrasi melalui android untuk konsumen dan website untuk pegawai, agar bisa meningkatkan layanan dan koordinasi antar departemen. Dalam proses pengembangan sistem digunakan suatu metode yang dilakukan secara berurutan atau biasa dikenal dengan metode waterfall. Dari analisis kebutuhan menghasilkan kebutuhan fungsional yang digambarkan dalam use case diagram serta hasil perencanaan sistem digambarkan dalam activity diagram dan pemodelan basis data. Dalam proses pengimplementasian sistem, digunakan framework Laravel, bahasa pemrograman kotlin dan juga database mysql untuk penyimpanan data. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, menunjukkan seluruh fungsionalitas fitur sistem berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil kuisioner dari 10 responden yang terdiri atas pegawai serta masyarakat, didapatkan hasil persentase kepuasan pengguna sebesar 89,33% dan dapat disimpulkan bahwa sistem sangat memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian ini, sistem service automation dapat memudahkan customer perumahan Grand Permata Tembalang dan pegawai PT. Pradinata Global Masa Group dalam proses booking, complaint,dan koordinasi antar department.
No other version available