TA DIGITAL
Visualisasi Taman Wisata Grand Maerakaca Semarang Dengan Teknologi Virtual Reality
Taman wisata budaya Grand Maerakaca yang berada di Kota Semarang saat ini masih kurang memiliki daya tarik yang cukup. Berdasarkan perkembangan teknologi saat ini pengenalan taman wisata dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menarik, salah satunya dengan memanfaatkan fitur teknologi TI yaitu virtual reality. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah teknologi berbasis virtual reality yang nantinya akan mempresentasikan lingkungan sekitar dari Grand Maerakaca secara virtual dengan virtual reality sehingga masyarakat akan lebih tertarik untuk mendatangi Grand Maerakaca. Metode yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collection, assembly, testing dan distribution. Aplikasi yang digunakan dalam mengembangkan penelitian ini adalah Blender untuk modeling dan Unity untuk membangun aplikasi game 3-Dimensi. Dalam pengujian aplikasi virtual reality Grand Maerakaca dapat berjalan dengan baik pada platform android dengan tingkat kepuasan secara fungsional sebesar 90% dari 5 responden pihak pengelola Grand Maerakaca dan tingat kepuasan pengguna sebesar 93% dari 7 responden pengunjung. Kelebihan dari aplikasi ini menggabungkan fitur informasi dengan teknologi 3D virtual reality. Aplikasi ini dapat diterapkan guna menjadi hiburan berbasis IT sekaligus untuk virtual tour guide. Aplikasi visualisasi Grand Maerakaca masih dapat terus dikembangkan sehingga diharap dapat menciptakan fasilitas berbasis IT yang menarik bagi Grand Maerakaca.
No other version available