SKRIPSI DIGITAL
Analisis Kinerja PT Bank Perkreditan Rakyat Pollux Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja PT BPR Pollux menggunakan pendekatan empat perspektif Balanced Scorecard: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, angket, dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk sampel karyawan dan simple random sampling untuk nasabah bank. Responden dalam penelitian ini adalah 14 karyawan bank dan 90 nasabah bank. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif keuangan adalah retensi pengembalian aset, biaya operasional terhadap pendapatan operasional, kredit bermasalah, dan rasio pinjaman terhadap simpanan. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif pelanggan yaitu retensi nasabah dan kepuasan nasabah. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif proses bisnis internal yaitu rasio biaya administrasi terhadap total pendapatan dan tingkat pertumbuhan inovasi. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu retensi karyawan, produktivitas karyawan, dan kepuasan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT BPR Pollux menggunakan pendekatan Balanced Scorecard mendapatkan rata-rata skor 0 sehingga termasuk dalam kriteria cukup.
No other version available