TA DIGITAL
Evaluasi Sistem Informasi Penjualan Tunai Berbasis Komputer Pada PT Tiara Kinarya Sakti
Sama halnya seperti aset organisasi lainnya, sistem informasi (SI) membutuhkan pengelolaan. Agar dapat dikelola maka SI harus dapat dikendalikan. Pengendalian memberikan jaminan yang memadai pada pihak manajemen bahwa unit SI telah berjalan sesuai dengan sasaran bisnis organisasi. Setiap proses SI yang akan dikendalikan membutuhkan pengukuran. Ukuran ini mengindikasikan kinerja SI dalam mencapai sasaran kendali dan memudahkan pihak manajemen untuk melakukan perbaikan terhadap kinerja SI.
Evaluasi SI merupakan wujud dari pengendalian tersebut. COBIT ( Control Objectives for Information and Related Technology ) merupakan salah satu standar evaluasi SI yang memadukan pandangan bisnis dan Teknologi Informasi (TI) dalam kerangka kerjanya. Sebagai model untuk organisasi SI, maka COBIT memuat kendali yang sifatnya generik.
Skripsi ini mengembangkan model tata kelola yang dapat digunakan untuk menilai proses penyampaian dan dukungan pelayanan informasi pada PT Tiara Kinarya Sakti. Penilaian tersebut dilakukan melalui kendali dan indikator kinerja yang merupakan hasil ekstrasi dari COBIT domain DS ( deliver and support ) , disesuaikan dengan sistem informasi PT Tiara Kinarya Sakti. Berdasarkan model tersebut, kuesioner akan dibentuk untuk mengidentifikasi tingkat maturity PT Tiara Kinarya Sakti.
Model IT Governance ini dimaksudkan untuk membuat pemetaan proses penyampaian dan dukungan terhadap tingkatan model maturity. Model maturity adalah alat untuk mengukur seberapa baik proses-proses sistem informasi berkembang. Dengan model maturity, manajemen dapat mengukur posisi proses sistem informasi saat ini dan merekomendasikan hal yang diperlukan untuk meningkatkannya. Model maturity terdapat pada setiap proses sistem informasi. Alat yang digunakan untuk memetakan posisi proses sistem informasi adalah dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner dibuat dengan menggunakan teknik pengukuran ordinal dengan skala likert.
Berdasarkan hasil pengelolaan wawancara dan kuesioner yang mengacu standar COBIT, menunjukkan pencapaian tingkatan current maturity perusahaan untuk DS3, DS5, dan DS11 mencapai tingkat 3 (defined) artinya bahwa perusahaan melaksanakan proses TI dalam mengelola sistem informasi perusahaan mencapai tarap didokumentasikan dengan baik dan dikomunikasikan kepada pemakai yang membutuhkan dan berhak atas informasi, DS7 mencapai tingkat 4 (managed) artinya bahwa sistem informasi perusahaan melaksanakan proses TI dalam mengelola sistem informasi mencapai pada pengukuran dan pemantauan terhadap
kepatuhan prosedur, dan DS8 yang mencapai tingkat 2 (repeatable) artinya perusahaan melaksanakan proses TI dalam sistem informasi perusahaan digunakan berulang pada aktivitas yang sama.
Dari pencapaian tersebut kemudian diukur berdasarkan maturity, CSF, KPI, dan KGI yang menunjukkan bahwa manajemen organisasi harus melakukan pengendalian secara kondusif dan komprehensif pada setiap proses TI dan fungsi sistem informasi perusahaan, karena dibutuhkan keseimbangan pengelolaan teknologi informasi dan sistem informasi perusahaan yang berorientasi pada layanan kebutuhan pemakai.
No other version available