TA DIGITAL
Analisis Persepsi Nasabah atas Kualitas Layanan Customer Service pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Kantor Cabang Ungaran
Kualitas pelayanan merupakan segala bentuk aktifitas yang diberikan bank kepada nasabah untuk memenuhi keinginan nasabah secara maksimal. Persepsi dapat didefiniskan sebagai proses dimana individu memilih, menyeleksi, mengorganisasikan dan menginterpretasi stimulus kedalam suatu gambaran dunia yang berarti dan menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi variabel dan indikator kualitas layanan yang dapat meningkatkan persepsi positif nasabah atas kualitas layanan Customer Service, dan mengembangkan kebijakan untuk meningkatkan persepsi positif nasabah atas kualitas layanan Customer Service PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengambilan sampling dilakukan melalui teknik Accidental Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden dari nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Kantor Cabang Ungaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Sedangkan teknik analisis pada penelitian ini menggunakan Uji Cochran dan Opened Question. Penelitian ini menggunakan lima variabel kualitas layanan untuk mengukur persepsi nasabah, yaitu Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Hasil penelitian menunjukkan variabel tertinggi pembentuk persepsi positif nasabah atas kualitas layanan Customer Service adalah variabel Reliability dengan nilai rata-rata 93,75, sedangkan variabel terendah adalah Tangible dengan nilai rata- rata 88,40. Dan dianggap sah bahwa lima variabel dan dua puluh dua indikator telah teridentifikasi dapat meningkatkan persepsi positif nasabah, sehingga dalam mengembangkan manajerial, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Kantor Cabang Ungaran dapat membangun kualitas layanan yang optimal agar dapat mempertahankan dan meningkatkan persepsi positif nasabah.
No other version available