SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Kompetensi Pengetahuan Pemasaran dan Pemasaran Digital terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Industri Kreatif Kota Semarang di Era Industri 4.0
Perkembangan teknologi dari konvensional menjadi digital di era industri 4.0 menunjukkan masih kurangnya pemahaman mengenai kompetensi pengetahuan pemasaran dan pemasaran digital. UMKM Industri Kreatif merupakan usaha yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pengetahuan pemasaran dan pemasaran digital terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Industri Kreatif Kota Semarang di Era Industri 4.0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM Industri Kreatif Kota Semarang yang terdaftar di Komite Ekonomi Kota Semarang sebanyak 6.946 UMKM Industri Kreatif pada tahun 2021, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 123 pelaku UMKM Industri Kreatif yang dipilih menggunakan Teknik Insidental Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi dengan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi pengetahuan pemasaran (X1) dan pemasaran digital (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pemasaran (Y) pada UMKM Industri Kreatif Kota Semarang di Era Industri 4.0.
No other version available