SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk pada Kinerja Bisnis UMKM Kopi di Temanggung
Kabupaten Temanggung memiliki kekayaan alam yang melimpah salah satunya di sektor perkebunan yaitu kopi. Kopi Temanggung telah memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) dan memenangkan berbagai kompetisi di tingkat nasional dan internasional. Potensi yang dimiliki Kopi Temanggung ternyata belum cukup untuk menyamakan diri dengan popularitas kopi daerah lain sehingga diperlukan evaluasi. Penelitian terdahulu berbasis teori Resource Based View menganjurkan UMKM untuk mengembangkan sumber daya internal tidak berwujud sebagai variabel strategis yang langka dan sulit ditiru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis. Kuesioner disebarkan kepada 104 UMKM kopi di Temanggung menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah PLS-SEM dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Penelitian ini membuktikan bahwa: (1) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap inovasi produk. (2) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. (3) inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja bisnis. Uji path analysis memberikan temuan tambahan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis melalui inovasi produk sebagai variabel intervening, sehingga UMKM kopi di Temanggung dapat memprioritaskan peningkatan orientasi kewirausahaan dan kemampuan inovasi produk akan mengiringi bisnis mencapai kinerja yang lebih baik. Tingkat orientasi kewirausahaan dan inovasi produk yang baik dapat menjadi keunggulan kompetitif yang berguna bagi bisnis untuk bersaing dengan kompetitor di pasar.
No other version available