SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Samsung
Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini segala kegiatan masyarakat menjadi lebih mudah. Salah satunya yaitu semakin mudahnya masyarakat untuk berkomunikasi dan bertukar data atau informasi hanya dengan menggunakan satu perangkat yaitu smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image (X1) dan celebrity endorser (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) produk smartphone Samsung. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah membeli smartphone Samsung di Kota Semarang antara tahun 2020 sampai 2022 yang jumlahnya tidak diketahui. Jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan pengguna smartphone Samsung di Kota Semarang. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, uji linearitas, uji t, uji F, regresi berganda, dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan menggunakan program SPSS versi 26, hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Y = 0,395 + 0,680 X1 + 0,269 X2. Selain itu, hasil uji F sebesar 41,637 lebih besar dari F tabel sebesar 3.08. Sehingga dapat disimpulkan model dalam penelitian ini sudah tepat. Hasil uji T variabel brand image (X1) dan celebrity endorser (X2) lebih besar dari T tabel dan memiliki signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Jadi, variabel brand image (X1) dan celebrity endorser (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel yang paling berpengaruh adalah brand image (X1) dengan koefisien regresi tertinggi sebesar 0,680. Kontribusi brand image dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian sebesar 50,5 % sedangkan 49,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
No other version available