SKRIPSI DIGITAL
Pengaruh Orientasi Pemasaran Digital Terhadap Intensi Ekspor: Mediasi Efek Pemilihan Saluran Ekspor pada UMKM Furnitur dan Kain Tenun Ikat Jepara
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi pemasaran digital dan pemilihan saluran ekspor terhadap intensi ekspor. Studi ini juga menguji pemilihan saluran ekspor sebagai variabel mediasi antara orientasi pemasaran digital dan intensi ekspor. Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) digunakan untuk pengujian hipotesis. Data primer diperoleh dengan penggunaan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria UMKM furnitur dan kain tenun ikat yang telah melakukan kegiatan pemasaran secara digital. Jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan pemilik UMKM furnitur dan kain tenun ikat berlokasi di Kabupaten Jepara. Hasil penelitian ini menujukan bahwa orientasi pemasaran digital dan pemilihan saluran ekspor berpengaruh positif terhadap intensi ekspor. Pemilihan saluran ekspor yang baik meningkatkan hubungan pengaruh orientasi pemasaran digital dan intensi ekspor. UMKM mengoptimalkan pemasaran digital dan memilih saluran ekspor yang tepat untuk meningkatkan niat ekspor.
No other version available