TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai terhadap Kepuasan Pelanggan pada Transportasi Online Grab di Kota Semarang
Meningkatnya konsep ekonomi baru yang dikenal sebagai sharing economy disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan efisiensi sumber daya melalui konsumsi bersama. Salah satu perusahaan startup yang menerapkan konsep tersebut adalah Grab. Penelitian ini didasari oleh teori Service Dominant Logic yang bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada transportasi online Grab di Kota Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggunakan layanan Grab di Kota Semarang sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, model regresi yang ada pada penelitian ini layak untuk digunakan dan variabel independennya dapat memprediksi variabel dependen.
No other version available