TA DIGITAL
Pengaruh Sponsorship Real Madrid dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kacang Garing Dua Kelinci : Studi Kasus pada Konsumen Kacang Garing Dua Kelinci di Kabupaten Pati
Penelitian ini termotivasi oleh perkembangan industri makanan di Indonesia yang semakin kompetitif sehingga beberapa perusahaan melakukan sponsorship dan memberikan kualitas produk yang baik untuk bertahan di industri ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sponsorship dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan. Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan untuk pengumpulan data sekunder menggunakan studi literature. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas. Analisis regresi dilakukan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel sponsorship tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel sponsorship dan persepsi kualitas secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan koefisien determinasi penentuan antara variabel sponsorship dan persepsi kualitas memberikan pengaruh sebesar 0,315 yang berarti bahwa sponsorship dan persepsi kualitas memberikan pengaruh 32,9% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 68,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini berbeda dari hasil penelitian sebelumnya Afef Abdul Fatah (2013), Qinanta Putra (2018), dan Ibnu Titho (2021). Di dalam penelitiannya menyatakan bahwa sponsorship berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian. Maka hipotesis pertama dalam penelitian ini ditolak. Sedangkan pada variabel persepsi kualias hasil penelitian ini serupa dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan Wiwik Widiyanti (2017), Thomas (2017) dan Sriwindarti (2020). Di dalam penelitannya menyatakan bahwa persepsi kualitas berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian.
No other version available