TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Personal Selling Terhadap Loyalitas Tamu pada Hotel Undip Inn
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan personal selling terhadap loyalitas tamu, baik secara simultan maupun parsial. Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data primer menggunakan observasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji F, uji T dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel kualitas pelayanan dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas tamu. Secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas tamu dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas tamu. Hasil perhitungan koefisien determinasi antara variabel kualitas pelayanan dan personal selling pada loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,837 ini berarti kualitas pelayanan dan personal selling memberikan pengaruh 83,7% terhadap loyalitas tamu, sedangkan sisanya sebesar 16,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Rekomendasi dari hasil penelitian agar Hotel Undip Inn dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan melalui peningkatan keamanan parkir serta dapat meningkatkan sales promotion dalam kegiatan personal selling hotel sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
No other version available