TA DIGITAL
Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Jenang Mubarok (Studi Kasus Pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia)
Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin hari semakin meningkat, menuntut para wirausahawan untuk menciptakan strategi bisnis yang tepat untuk memenangkan persaingan. Munculnya berbagai usaha menyebabkan ketatnya persaingan dunia usaha. Salah satunya CV. Mubarokfood Cipta Delicia merupakan perusahaan yang menjual berbagai macam jenang dengan berbagai ukuran dan rasa. Sebagai pionir, CV. Mubarokfood Cipta Delicia memiliki banyak pengikut usaha sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunkaan metode survey. Skala pengukuran yang dipakai adalah agree-disagree scale. Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel promosi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi linear berganda menghasilkan Y= 13,647 + 0,304X1 + 0,562X2. Rekomendasi dari hasil penelitian agar CV. Mubarokfood Cipta Delicia dapat lebih meningkatkan promosi melalui media sosial dengan meningkatkan konten produk pada media sosial Instagram serta dapat meningkatkan kualitas produk dengan meningkatkan keawetan produk sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian.
No other version available