TA DIGITAL
Pengaruh Brand Identity dan Perceived Quality Terhadap Brand Positioning Layanan Kurir PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Utama Kota Semarang
Kini kebutuhan akan pengiriman barang antar wilayah semakin dibutuhkan. Hadirnya jasa layanan kurir membantu masyarakat dalam pengiriman barang antar wilayah. PT Pos Indonesia selaku perusahaan miliki negara memiliki layanan kurir yang melayani pengiriman barang atau dokumen antar wilayah bahkan antar negara. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand identity dan perceived quality terhadap brand positioning pada layanan kurir PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Utama Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan metode accidental sampling dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi liniear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi dengan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil pengujian analisis regresi berganda menunjukkan bahwa Y = 2,165 + 0,410 X_1 + 0,518 X_2, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel brand identity dan perceived quality berpengaruh secara dominan pada brand positioning dengan nilai t hitung sebesar 4,845 dan 7,420 lebih besar dari t tabel dengan nilai signifikansi 0,000. Dari pengujian menggunakan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa variabel brand identity dan perceived quality berkontribusi bersama sama terhadap brand positioning sebesar 65,9%, sedangkan sisanya 34,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian tugas akhir ini.
No other version available