TA DIGITAL
Pengaruh Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Binaan Balai Pelatihan Koperasi UKM Jawa Tengah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan pendampingan terhadap kinerja pemasaran UMKM, baik secara simultan maupun parsial. Sampel penelitian adalah 50 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer menggunakan observasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji F, uji T dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel pelatihan dan pendampingan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM. Secara parsial variabel pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM dan pendampingan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM. Hasil perhitungan koefisien determinasi antara variabel pelatihan dan pendampingan terhadap kinerja pemasaran UMKM adalah sebesar 0,737 ini berarti pelatihan dan pendampingan memberikan pengaruh 73,7% terhadap kinerja pemasaran UMKM, sedangkan sisanya sebesar 26,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Rekomendasi dari hasil penelitian agar Balai Pelatihan Koperasi UKM Jawa Tengah meningkatkan intensitas kegiatan pelatihan dan pendampingan serta melakukan evaluasi terhadap peserta pelatihan sehingga mampu meningkatkan kinerja peserta pelatihan.
No other version available