TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Penggunaan Kembali Konsumen Jasa Transportasi Kereta Api Kaligung pada PT. KAI (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat penggunaan kembali kereta api kaligung. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pelanggan jasa kereta api kaligung dalam 3 bulan terakhir (Mei-Juli 2022). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penulusuran literatur, observasi dan kuesioner. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan kembali konsumen jasa transportasi kaligung (thitung > ttabel, 8,927 > 1,984). Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa besarnya Adjusted R square adalah 0,443. Hal tersebut artinya 44,3% minat penggunaan kembali transportasi kereta api kaligung dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 55,7% dipengaruhi oleh variabel - variabel lain diluar variabel independen tersebut yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Implikasi menunjukkan bahwa jika kualitas pelayanan meningkat maka minat penggunaan kembali juga akan meningkat.
No other version available