SKRIPSI DIGITAL
Analisis Manajemen Pemeliharaan dan Perawatan Komponen Utilitas Plumbing dan Sanitasi Gedung Gets Hotel Semarang
Pada bangunan komersil selayaknya gedung hotel, pemeliharaan secara teratur pada setiap komponen diperlukan untuk menjaga kualitas pelayanan khususnya pada bagian penyediaan air bersih. Bangunan Gets Hotel Semarang memiliki berbagai komponen plumbing dan sanitasi termasuk di dalamnya pompa, tangki air, tangki filter, pemanas air, dan perlengkapan sanitair. Setiap komponen tersebut berkaitan dengan kenyamanan pengguna bangunan gedung sehingga diperlukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin. Akan tetapi pemeliharaan komponen plumbing dan sanitasi air bersih tidak terjadwal, mengakibatkan munculnya keluhan dari tamu mengenai kondisi komponen yang tidak mumpuni. Penelitian dilakukan untuk menganalisa manajemen pemeliharaan komponen plumbing dan sanitasi. Hasil penelitian antara lain; Pompa booster P4 mendapat nilai 20% dengan kondisi rusak dan memerlukan pemeliharaan rehabilitatif, Pemanas air H7 dan H9 mendapat nilai performa masing-masing 75% dengan kondisi rusak ringan karena kebocoran pada pipa instalasi. Berdasarkan hasil tersebut disusun jadwal serta rencana pemeliharaan harian dan preventif komponen dan prosedur standar pemeliharaan (SOP) berpedoman kepada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24 Tahun 2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung serta mengacu pada buku manual pemeliharaan komponen terkait. Disusun pula rencana anggaran pemeliharaan yang tersusun dari anggaran pembelian komponen sanitasi dan anggaran jasa pemeliharaan utilitas dengan total nilai Rp. 66.222.000,00.
No other version available