SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Fitur Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pengguna Mobile Banking BSI di Kota Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh brand image, brand trust, dan fitur terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel interveningnya pada penggunaan mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kota Semarang, baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang menjadi nasabah BSI dan menggunakan mobile banking BSI. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 75 nasabah BSI yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis jalur, dan teknik analisis menggunakan uji signifikansi simultan (uji F), uji signifikansi parsial (uji t), dan uji Sobel yang diolah dengan program SPSS 25.00. Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa brand image, brand trust, fitur, dan kepuasan nasabah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Selanjutnya brand image dan brand trust secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan fitur secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, serta kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa kepuasan nasabah mampu memediasi pengaruh brand trust dan fitur terhadap loyalitas nasabah, namun kepuasan nasabah tidak mampu memediasi pengaruh brand image terhadap loyalitas nasabah pada penggunaan mobile banking BSI di Kota Semarang.
No other version available