SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Penggunaan M-Banking, E-Trust, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Semarang dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh m-banking, e-trust, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Semarang dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening, baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 109 nasabah Bank Syariah Indonesia yang dipilih menggunakan teknik probability sampling. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis jalur, dan teknik analisis menggunakan uji signifikansi simultan (uji F), uji signifikansi parsial (uji t), dan uji Sobel yang diolah dengan program SPSS 26,00. Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa m-banking, e-trust, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Selanjutnya m-banking dan kualitas pelayaan secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, e-trust secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, serta kepuasan nasabah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil path analysis menunjukkan bahwa kepuasan nasabah mampu memediasi e-trust dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, namun kepuasan nasabah tidak mampu memediasi pengaruh m-banking terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Semarang.
No other version available