SKRIPSI DIGITAL
Implementasi Cost Volume Profit Sebagai Perencanaan Laba Pada Patra Semarang Hotel & Convention = Implentation Of Cost Volume Profit For Profit Planning At Patra Semarang Hotel & Convention
Analisis perencanaan laba yang dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan metode Cost Volume Profit (CVP). Analisis cost volume profit merupakan metode untuk menganalisis bagaimana keputusan operasi dan keputusan pemasaran mempengaruhi laba bersih, berdasarkan pemahaman tentang hubungan antara biaya variabel, biaya tetap, harga jual per unit, dan tingkat output.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai break even point, contribution margin, margin of safety, dan shut down point pada penjualan kamar Patra Semarang Hotel & Convention, menghitung perencanaan target laba periode selanjutnya, serta menghitung penjualan kamar yang harus dilakukan agar diperoleh laba yang ditargetkan. Metode penulisan menggunakan metode deskriptif dan eksposisi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer penjualan pada hotel Patra Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada tahun 2022 titik impas dari tiap unit kamar pada Patra Semarang Hotel & Convention harus menjual kamar hotel sebesar 15.953 unit kamar dan nilai penjualan pada titik impas sebesar Rp 7.455.954.211.Nilai Shut Down Point pada Patra Semarang Hotel & Convention tahun 2022 berada pada tingkat 9.049 unit atau senilai Rp4.229.177.985. Laba yang ditargetkan adalah sebesar 30% dari penjualan tahun 2022. Pada tahun 2023 hotel menginginkan peningkatan perolehan laba sebesar 30% dari penjualan tahun 2022 sebesar Rp 11.669.590.327 dan sebesar 25.979 unit.
No other version available