SKRIPSI DIGITAL
Strategi Pengembangan Usaha pada UMKM Batu Bata di Desa Trangkil Kabupaten Pati dengan Metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) = Business Development Strategy for Brick MSMEs in Trangkil Village, Pati Regency using SWOT and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Methods
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan UMKM batu bata di desa Trangkil kabupaten Pati. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis data menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM yang menunjukkan hasil tertimbang IFE sebesar 2,7307 dan skor tertimbang EFE sebesar 0,3937. Hasil analisis Matriks IE meunjukkan posisi usaha pada kuadran II yaitu “tumbuh dan bina”, sehingga strategi yang dapat diterapkan penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar, integrasi ke depan dan integrasi ke belakang. Terdapat 10 strategi yang didapatkan berdasarkan matriks SWOT, kemudian melalui QSPM dihasilkan prioritas alternatif strategi yang sesuai untuk UMKM batu bata di Desa Trangkil, yaitu lebih memperkenalkan Desa Trangkil sebagai sentra industri batu-bata yang berkualitas dengan TAS sebesar 5,0658.
No other version available