SKRIPSI DIGITAL
Strategi Pengembangan Usaha Jenang Pasca Pandemi Menggunakan Metode SWOT dan QSPM pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia = Business Development Strategy Jenang After Pandemic Using SWOT and QSPM Methods at CV. Mubarokfood Cipta Delicia
Vilda Innaka Nasya, “Strategi Pengembangan Usaha Jenang Pasca Pandemi Menggunakan Metode SWOT dan QSPM pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia”, Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Siti Arbainah, S.E., M.M. dan Ardian Widiarto, S.E., M.Si., Ak., CA., Agustus 2023, 77 halaman.
Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha pasca pandemi Covid-19 pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan Matriks IFE, EFE, CPM, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil total skor tertimbang IFE sebesar 2,789 dan total skor tertimbang EFE sebesar 3,358. Total skor berdasarkan CPM sebesar 3,413 menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi yang paling unggul. Hasil analisis Matriks IE berada pada kuadran II (grow and build) dengan strategi yang dihasilkan yaitu strategi integrasi dan strategi intensif yang kemudian diolah menggunakan Matriks SWOT dan menghasilkan delapan alternatif strategi. Strategi yang paling cocok berdasarkan QSPM adalah menjaga kualitas dan meningkatkan inovasi produk melalui kerja sama dengan pemasok untuk mencapai kepuasan konsumen dengan nilai TAS sebesar 6,691.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Usaha Jenang, Matriks SWOT, dan Analisis QSPM.
No other version available