SKRIPSI DIGITAL
Strategi Keunggulan Bersaing Patra Semarang Hotel & Convention dengan Matriks IE, SPACE dan Matriks Profil Kompetitif = Competitive Advantage Strategy of Patra Semarang Hotel & Convention with IE Matrix, SPACE and Competitive Profile Matrix
Meningkatnya wisatawan di Kota Semarang menjadi persaingan industri hotel juga meningkat, maka dari itu dibutuhkan strategi guna keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menentukan alternatif strategi bersaing yang tepat pada Patra Semarang Hotel & Convention. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Matriks IFE, EFE, CPM, IE, dan SPACE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada analisis Matriks IE, perusahaan berada pada kuadran V yang berarti posisi perusahaan “ditahan dan dijaga” dengan strategi yang sesuai diterapkan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk, sedangkan hasil dari analisis Matriks SPACE menunjukkan perusahaan berada pada kuadran agresif dengan strategi yang sesuai diterapkan adalah pengembangan pasar, diversifikasi, integrasi ke depan, dan integrasi ke belakang. Patra Semarang Hotel & Convention berada pada posisi ketiga atau terakhir dari kedua kompetitor melalui analisis Matriks Profil Kompetitif. Alternatif strategi bersaing yang tepat pada Patra Semarang Hotel & Convention adalah penetrasi pasar, pengembangan produk, diversifikasi, integrasi ke depan, dan integrasi ke belakang.
Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, CPM, Matriks IE, SPACE, Alternatif Strategi
No other version available