SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Sebagai Variabel Intervening Pada Perumda Air Minum Tirta Moedal Semarang = Analysis The Effect of Total Quality Management on Managerial Perfomance with Perfomance Measurement System as an Intervening Variable in Perumda Air Minum Tirta Moedal Semarang
ABSTRAK
Kausarina Apridita, “Analisis Pengaruh Total Quality Management Analisis Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja sebagai Variabel Intervening pada Perumda Air Minum Tirta Moedal Semarang”, Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Dra. Tutik Dwi Karyanti,M.Si.,Akt., dan Arum Febriyanti Ciptaningtias, S.ST, MSIM., Juli 2023, 133 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management khususnya fokus pada pelanggan, obsesi kualitas, komitmen jangka panjang, perbaikan berkesinambungan terhadap kinerja manajerial yang dimediasi oleh sistem pengukuran kinerja pada Perumda Air Minum Tirta Moedal Semarang. Terdapat 38 responden yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya menggunakan uji asumsi klasik yang teridiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, serta uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, uji f, uji koefisien determinan, dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sistem pengukuran kinerja tidak dapat memediasi hubungan fokus pada pelanggan terhadap kinerja manajerial. Sistem pengukuran kinerja tidak dapat memediasi hubungan obsesi kualitas terhadap kinerja manajerial. Sistem pengukuran kinerja tidak dapat memediasi hubungan komitmen jangka panjang terhadap kinerja manajerial, sistem pengukuran kinerja tidak dapat memediasi hubungan perbaikan berkesinambungan terhadap kinerja manajerial.
Kata Kunci: Total Quality Management, kinerja manajerial, sistem pengukuran kinerja
No other version available