SKRIPSI DIGITAL
Analisis Tingkat Kesiapan Pelaku UMKM Kluster Kuliner Di Kota Semarang Terhadap Adopsi E-Commerce Menggunakan Model Technology Readiness Index (TRI) = Analysis of the Culinary Cluster MSME Actors’ Readiness Level in Semarang City for E-Commerce Adoption Using Technology Readiness Index (TRI) Model
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan para pelaku UMKM kluster kuliner di kota Semarang terhadap implementasi e-commerce menggunakan model Technology Readiness Index (TRI). Metode pengambilan sampling dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 140 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui Google Form dan juga offline kepada owner atau staff UMKM di Kota Semarang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis menggunakan model Technology Readiness Index (TRI). Hasil pengukuran TRI terhadap e-commerce bagi pelaku UMKM cluster kuliner di Kota Semarang menghasilkan hasil TRI sebesar 3,53. Nilai tersebut melebihi 3,51 menunjukkan tingkat kesiapan dalam kategori tinggi (High Technology Readiness Index). Nilai 3,53 yang didapatkan terdiri dari nilai optimism sebesar 1,02, nilai innovativeness sebesar 0,93, nilai discomfort sebesar 0,71, dan nilai insecurity sebesar 0,87.
No other version available